Tak Disangka..!! Dapat Kejutan Dari TNI Anak JENIUS Penemu Listrik Kedondong

Tak-Disangka-Dapat-Kejutan-Dari-TNI-Anak-JENIUS-Penemu-Listrik-Kedondong
 Tak Disangka..!! Dapat Kejutan Dari TNI Anak JENIUS Penemu Listrik Kedondong
Pejuang PatriotSafari Ramadhan 1438 H yang diselenggarakan di Kodam IM, Rabu (31/5/17), Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Ketua Umum Darma Pertiwi berkesempatan berbicara langsung kepada Naufal Raziq bocah asal Kota Langsa, Aceh (Foto cover: Naufal Raziq, di hadapan Panglima TNI menjelaskan Tentang Sumberdaya Energi Alternatif, Dari Pohon Kedondong menghasilkan Listrik.)

Naufal Raziq merupakan salah satu bocah yang menemukan sumber listrik dari pohon kedondong. Walau hanya bocah Kelas 3 Madrasah Tsanawiyah Negeri, tapi dia adalah penemu energi listrik dari pohon kedondong (Spondias Dulcis Forst).
Baca Juga : HEBAT...!!! Kisah Serda Woli Kalahkan Alat Canggih Dengan Sebatang Rumput
Pada kesempatan tersebut, Naufal Raziq menyampaikan kepada Panglima TNI, bahwa untuk menghasilkan energi listrik (pada pohon kedondong), pohon itu dipasangi rangkaian yang terdiri pipa tembaga, batangan besi, kapasitor, dan dioda.

“Dari pohon kedondong itu, bisa menghasilkan daya sebesar 0,5–1 Volt per elektroda,” jelas Naufal Raziq yang merupakan putra pertama dari tiga bersaudara pasangan Supriaman dan Nyonya Deski.

Naufal menjelaskan, arus listrik yang dihasilkan sangat bergantung

kepada kadar keasaman pohon. Melalui beberapa evaluasi dan perbaikan, penemuan pohon listrik itu telah mampu menerangi puluhan rumah di Tampur Paloh, Kecamatan Simpang Jernih, Langsa, Aceh, untuk pencahayaan lampu pada malam hari.
Baca Juga : MENAKJUBKAN...!!! Kapal Selam TNI Angkatan Laut Sandar di Lantamal IX Ambon
Penemuan Naufal ini memang tidak datang begitu saja, bahkan tidak hanya dari sekolah. Dukungan sang ayah sangat membantu dalam percobaannya tersebut.

Penemuan Naufal merupakan kisah sukses sinergi antara Pertamina dan masyarakat dalam menciptakan inovasi yang memberikan solusi bagi permasalahan yang ada. Ini perlu dicontoh oleh daerah-daerah lain di Indonesia. 

Bantuan Beasiswa

Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI  Moch. Fachrudin, S.Sos memberikan bantuan beasiswa kepada Naufal Raziq Bocah asal Aceh Timur penemu energi listrik dari pohon kedondong pagar (Spondias Dulcis Forst) di Ruang Tamu Pangdam, Banda Aceh, Kamis (1/6/17) siang.
Baca Juga : HEBAT...!!! Indonesia Beli Helikopter Chinook Yang Sangat Mahal, dengan harga segini
Naufal memenuhi undangan Pangdam IM untuk berdiskusi mengenai energi yang telah ditemukannya yaitu energi listrik dari pohon kedondong pagar. Bocah yang saat ini sudah berusia 15 tahun tersebut telah meneliti energi listrik dari pohon kedondong pagar selama tiga tahun ini.

"Kami melihat inovasi dari Naufal ini merupakan wujud energi terbarukan yang memanfaatkan potensi alam yang banyak dijumpai di Indonesia. Dan sesuai semangat kami yang sangat mendukung inovasi teknologi baru terbarukan. Harapannya semakin banyak inovator yang menemukan solusi untuk penggunaan energi yang terbarukan," jelas Pangdam.
Baca Juga : TERNYATA..!!! Inilah Dua Jenis Kapal Siluman Anti Radar Buatan Indonesia
Sumber: tni.mil.ad

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tak Disangka..!! Dapat Kejutan Dari TNI Anak JENIUS Penemu Listrik Kedondong"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.